Usaha Cegah Tindakan Buang Sampah : Pasang Pagar Kayu Pinggir Tukad Tampekan

Pemdes Dencarik 12 Mei 2023 10:15:24 WITA

Walaupun tidak optimal, pemasangan pagar ini diharapkan menimbulkan rasa malu untuk membuang sampah di sungai. Bersama Perbekel Dencarik dan staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, staf Kantor Camat Banjar, Babinsa, Bhabinkamtibmas bergotong royong memasang pagar kayu di pinggir sungai dekat jembatan Tukad Tampekan.

 

 

Gatra Dencarik. Perbekel Dencarik, ibu Ni Luh Kertawati dan perangkat desa bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, staf Kantor Camat Banjar, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta dibantu warga sekitar memasang pagar pengaman di pinggir Tukad Tampekan untuk meminimalisir kegiatan pembuangan sampah di sungai.

Kasi Sosbud, Luh Suci Tastrining, Sos yang turut hadir mewakili Camat Banjar ikut serta memasang pagar kayu di sekitar jembatan Tukad Tampekan. Sebelum dipasang pagar ini, memang area ini agak terbuka sehingga orang yang berniat membuang sampah ke sungai sangat mudah melakukan tindakan membuang sampah.

Sesuai laporan warga yang masuk ke Pemerintah Desa Dencarik, bahwa banyak sampah di sekitar sungai dekat jembatan Tukad Tampekan. Menindak lanjuti laporan tersebut Perbekel Dencarik turun ke lokasi.

Namun pagi ini, sampah yang tertimbun di lokasi sudah hanyut karena debit air sungai dari kemarin sore cukup besar. Tetapi sebagai upaya pencegahan pembuangan sampah lagi, dilakukan pemasangan pagar dari kayu.

Jika kebiasaan pembuangan sampah di sungai terus dibiarkan akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat terutama di hilir sungai. Sampah akan terkumpul di pantai, tentu akan menimbulkan dampak lain terhadap kenyamanan wisatawan yang menginap di vila yang berlokasi di sepanjang pantai Desa Dencarik.

“Semoga dengan pemasangan pagar ini menumbuhkan rasa malu untuk membuang sampah di sungai. Semoga kesadaran menjaga kebersihan lingkungan bisa tumbuh karena Dencarik merupakan wilayah dengan potensi pariwisata yang cukup mumpuni terbukti tingkat hunian di vila-vila Dencarik lumayan banyak. Kalau kita tidak peduli menjaga kebersihan desa terutama pantai, maka kesan Desa Dencarik akan buruk, “harapan Ni Luh Kertawati saat ditemui tim Gatra Dencarik di lokasi kebersihan. (ngr/adm)

Komentar atas Usaha Cegah Tindakan Buang Sampah : Pasang Pagar Kayu Pinggir Tukad Tampekan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar