Kedua Kalinya, Tabur Bunga Sang Penerus di TMP Curastana

Pemdes Dencarik 08 Agustus 2022 10:36:42 WITA

Foto bersama para peserta tabur buga dalam rangka HUT ke-77 RI di TMP Curastana Singaraja Minggu Kemarin (07/08)

 

 

Gatra Dencarik. Pada hari Minggu, 7 Agustus 2022, Karang Taruna Genta Satya Loka melaksanakan kegiatan tabur bunga di Taman Bahagia Curastana Singaraja dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 77 Indonesia dan memperingati HUT ke 2 Karang Taruna Genta Satya Loka Desa Dencarik.

Dipioneri oleh Karang Taruna Genta Satya Loka bersama dengan Paiketan Yowana Adat “Yowana Guna Vidya” Desa Adat Dencarik dan Sekeha Taruna Banjar se-Desa Dencarik serta undangan yang hadir dari Pemerintah Desa Dencarik, Ketua BPD, Ketua Pemuda Panca Marga anak ranting Desa Dencarik dan Senior Karang Taruna.

Terdapat 2 (dua) agenda yaitu tabur bunga dan diskusi bersama. Adapun tujuan dilaksanakan tabur bunga, bahwa generasi muda adalah ujung tombak meneruskan cita-cita para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dengan berkarya dan mengabdi.

Desa Dencarik melahirkan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan pada masa Revolusi Fisik tahun 1945-1949. Dengan melaksanakan tabur bunga, kita bisa mengenal para pahlawan sehingga dari kegiatan ini kita harapkan generasi muda dapat mewarisi semangat nasionalisme dan patriotisme dan mendapatkan inspirasi untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berkarya.

Setelah tabur bunga, dilaksanakan diskusi bersama melahirkan banyak ide dan motivasi. PJ Perbekel Dencarik, Ida Kade Suastika menyampaikan apresiasinya terhadap terselenggaranya acara ini yang sangat baik membangun jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk generasi muda.

Ketua BPD Dencarik berpesan kepada kami, bahwa Generasi Muda harus mampu merenungkan secara mendalam bahwa perjuangan para pahlawan merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan darah dan air mata. Berharap generasi muda mampu mengisi kemerdekaan dengan berkarya, mengambil peran sesuai bidang masing-masing dimulai dari tingkat desa, seperti ikut gotong royong ditempat suci/pura dan kegiatan lainnya. Beliau juga mengingatkan tentang persaingan di dunia modern dan globalisasi ini jangan dijadikan masalah, akan tetapi jadikan peluang. Generasi muda harus cerdas memanfaatkan teknologi jangan sampai menyalahgunakan IT sehingga menimbulkan masalah sosial dan hukum. Serta, salah satu masalah generasi muda yang harus dihindari adalah penyalahgunaan narkotika yang dapat merusak masa depan kita. Bila generasi muda bijak dan melaksanakan hal-hal positif di usia muda, yakin kita mampu menggapai cita-cita setinggi langit.

Oleh Ketua Pemuda Panca Marga anak ranting Desa Dencarik, Putu Pastika menyampaikan masukan berupa pembangunan Monumen Perjuangan di Desa Dencarik untuk mengenang perjuangan Para Pahlawan serta edukasi sejarah untuk generasi muda.

Motivasi dari senior/Ketua Karang Taruna masa bhakti sebelumnya, Gede Pastima, mengingatkan kepada kami tentang filosofi yang terkandung pada nama Karang Taruna Genta Satya Loka oleh tokoh desa salah satunya Ida Bagus Komang Oka, Bendesa Adat terdahulu yaitu

  • Genta yang merupakan alat upacara yang dipakai oleh sulinggih yang bersuara merdu,
  • Satya adalah kejujuran/kebenaran
  • Loka merujuk kepada wilayah Desa Dencarik.

Sehingga memiliki makna memanggil generasi muda untuk mengabdi/berkarya di lingkungan Desa Dencarik atas dasar kebenaran. Beliau menambahkan sebagai penutup sebuah kata-kata mutiara “Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tetapi tanyakan apa yang bisa kamu berikan kepada negaramu”. Dapat juga disempitkan jangkauan wilayahnya menjadi “Jangan tanyakan apa yang desa berikan kepadamu, tetapi tanyakan apa yang bisa kamu berikan kepada desamu”

Ditutup oleh Komang Endy Suastika sebagai Ketua Karang Taruna mengajak kawan-kawan untuk selalu kompak, bersinergi untuk berkarya dan mengabdi khususnya di Desa Dencarik. (teguh/ktr)

Komentar atas Kedua Kalinya, Tabur Bunga Sang Penerus di TMP Curastana

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Administrasi Kependudukan

Dokumen

KUNJUNGAN

Flag Counter

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

Website Pemkab Buleleng

Kabupaten Buleleng

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar