Dinsos Hadir, Sumbangkan 20 Paket Sembako

Pemdes Dencarik 12 November 2020 15:52:47 WITA

Penyerahan bantuan sembako oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial kepada warga Desa Dencarik yang kurang mampu. Sebanyak 20 paket sembako diserahkan pagi ini, (12/11) langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM.

 

Gatra Dencarik. Dalam rangka meringankan beban masyarakat di tengah pandemic Covid-19 Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan sembako.Penyerahan kepada penerima dilaksanakan di Kantor Perbekel Dencarik Kamis (12/11).

Bantuan Paket sembako tersebut diberikan kepada keluarga kurang mampu yang  belum tersentuh bantuan. Bantuan sembako ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM, yang  didampingi staf Dinas Sosial dan pendamping PKH untuk Desa Dencarik dan TKSK, dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Paket Sembako tersebut terdiri dari bahan makanan pokok mulai dari beras, telur dan lainnya.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Dinas Sosial memanfaatkan momentum bertemu masyarakat dan pemerintah desa ini untuk memaparkan program unggulan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng seperti SLRT dan PUSKESOS.

Dilansir dari website https://puspensos.kemsos.go.id/, Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) adalah sistem yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, kemudian menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola oleh pemerintah (Pusat, Provinsi dan Kabupten/Kota) dan non-pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka. SLRT juga membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan, dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik. SLRT menggunakan satu sistem informasi SIKS-NG yaitu suatu sistem informasi yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan diseminasi data kesejahteraan sosial terpadu yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

SLRT juga dikembangkan di Desa dengan nama Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). Secara umum Puskesos yaitu tempat yang berfungsi untuk melakukan kegiatan pelayanan sosial bersama secara sinergis dan terpadu antara kelompok masyarakat dalam komunitas yang ada di desa/kelurahan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Melalui Puskesos ini diharapkan layanan SLRT dekat dengan masyarakat pedesaan dan mereka tidak harus menempuh jarak yang jauh ke lokasi SLRT di tingkat kota atau kabupaten.

Terkait sumbangan sembako oleh Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Putu Budiasa selaku Perbekel Dencarik sangat mengapresiasi dan berterimakasih bantuan sembako ini dan berharap dapat meringankan beban masyarakat Desa Dencarik. (novi/opt)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

CETAK LSO

LAYANAN PENGADUAN

Website Pemkab Buleleng

Kabupaten Buleleng

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar