Dari Dencarik Untuk Dunia

Pemdes Dencarik 10 Desember 2018 19:38:38 WITA

Gatra Dencarik. Semangat kepedulian terhadap lingkungan sedang gencar-gencarnya digaungkan Pemerintah Desa bersama masyarakat Dencarik. Beberapa program kerja telah dijalankan untuk menggelorakan semangat kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Memasuki musim penghujan ini, gerakan gotong royong ditingkatkan frekuensinya guna mencegah dampak buruk musim hujan seperti banjir dan berkembangnya bibit penyakit.

Bersama kepala dusun dan warga khususnya penerima rastra digerakan untuk membersihkan lingkungan di masing-masing dusunnya. Dari 30 November sampai 4 Desember 2018 telah diadakan gotong royong pembersihan saluran pembuangan air atau got di kelima dusun yang dikomando langsung kelian banjar dinas masing-masing.

Selain itu, sebuah program penyelamatan lingkungan dari sampah plastik oleh Pemerintah Desa Dencarik telah dicanangkan sejak tahun 2017. Program ini mulai direalisasikan sejak pertengahan tahun ini dan mendapatkan apresiasi baik dari masyarakat dan beberapa pihak.

Kepedulian KPM rastra dengan mengumpulkan sampah plastik rumah tangganya saat pengambilan rastra di Kantor Perbekel Dencarik menjadi teladan penanganan dan kepedulian sampah plastik.

Ini hanya sebagai langkah kecil dan berharap menjadi pendorong kepedulian masyarakat kepada lingkungan. Langkah kecil kami masyarakat Dencarik untuk penyelamatan bumi.

Sebelumnya, Pemerintah Desa Dencarik telah melakukan pelatihan pertanian dengan sistem hydroponik. Pertanian dengan sistem ini dipilih karena memiliki keunggulan, yaitu hanya memerlukan lahan yang sempit sehingga berpotensi dikembangkan di lingkungan rumah tangga.

Sebagai pengembangan lebih lanjut dari pelatihan tersebut, Pemerintah Desa Dencarik bersama masyarakat terutama ibu-ibu PKK yang didukung penuh oleh Kadus Menasa, Bapak Ketut Sujana melakukan penanaman tanaman sayur mayur seperti kangkung, selada di instalasi hidroponik. Selanjutnya akan dikembangkan juga sayuran pakcoy dan sayuran lain yang memiliki harga dan pangsa pasar yang menjanjikan. (ngr/adm)

 

 

Komentar atas Dari Dencarik Untuk Dunia

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar