Ribuan Pelayat Iringi Palebon Perbekel Dencarik

Pemdes Dencarik 26 Juli 2022 10:25:14 WITA

Pelayat memadati saat jenasah almarhum Jro Mangku Putu Budiasa Perbekel sekaligus Mangku Desa Puseh Dencarik diturunkan dari Sarana Wadah yang membawa beliau dari rumah duka ke Setra.

 

Gatra Dencarik. Upacara Sawa Preteka Alit Perbekel Dencarik Almarhum Jro Mangku Putu Budiasa telah selesai digelar. Puncak upacara telah dilaksanakan pada 17 Juli lalu. Dari pantuan tim Gatra Dencarik, ribuan pelayat menghadiri puncak upacara ini. Pelayat yang sebagian besar merupakan masyarakat Dencarik memadati iring-iringan jenasah yang dibawa dengan sarana upacara pengabenan wadah.

Dengan iringan baleganjur Sekaa Dharma Ulangun, almarhum dibawa dari rumah duka menuju Setra Tri Desa. Sesampai di Setra Tri Desa, para pelayat tampak sangat tidak rela melepas kepergian almarhum yang dikenal low profil, terbukti para pelayat tidak bergeming dari tempat pembakaran jenasah saat dilakukan prosesi upacara sebelum pembakaran jenasah. Bahkan sempat Ratu Peranda, Ida Pedanda Gde Giri Maha Sandi selaku sulinggih yang memuput upacara kesulitan masuk ke tempat upacara saking banyaknya masyarakat yang ingin melihat jenasah almarhum.

Selain dari banyaknya pelayat yang hadir, puluhan karangan bunga dari berbagai instasi dan pribadi serta kolega dan sahabat-sahabat almarhum menjadi bukti bagaimana almarhum semasa hidup sangat dihargai dan dicintai.

Rangkaian upacara Palebon Sawe Prateka Alit Perbekel sekaligus Mangku Desa Puseh Dencarik ini telah dimulai dari tanggal 12 Juli 2022 dan berakhir pada 18 Juli 2022 ditutup dengan upacara Nyegara Gunung dan Ngingkup.

Almarhum meninggal pada 5 Juli 2022 setelah berjuang selama 10 bulan melawan sakit yang beliau derita. Beliau sempat beberapa kali harus di opname di RSUD Buleleng bahkan sempat dirawat inap juga di RS Sanglah. Dari diagnose terakhir, beliau dikatakan menderita kanker. (ngr/adm)

Komentar atas Ribuan Pelayat Iringi Palebon Perbekel Dencarik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Administrasi Kependudukan

Dokumen

KUNJUNGAN

Flag Counter

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

Website Pemkab Buleleng

Kabupaten Buleleng

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar