Wujudkan Tata Kelola Adminstrasi Yang Baik, Tiga Aplikasi Karya Sendiri Disiapkan Pemdes Dencarik

Pemdes Dencarik 10 Desember 2021 10:12:21 WITA

Hasil tangkapan layar dari menu utama aplikasi SiMPel yang telah dilaunching oleh Pemdes Dencarik untuk sambut tahun anggaran baru 2022. Bagaimana tampilan dua aplikasi lainnya bisa ditonton pada link yang telah ditautkan pada berita ini.

 

 

Gatra Dencarik. Tahun anggaran (TA) 2022 sudah dekat, tinggal menghitung hari saja. Perangkat Desa sudah mulai sibuk dengan penyusunan laporan pertanggungjawaban kegiatan APBDes.

Tetapi Pemerintah Desa Dencarik tidak hanya disibukkan dengan kegiatan tutup tahun anggaran 2021, perangkat Desa Dencarik juga sudah mempersiapkan menyambut tahun anggaran baru 2022 dengan meluncurkan terobosan aplikasi untuk membantu mempermudah kerja perangkat Desa Dencarik di tahun depan.

Tiga aplikasi karya salah satu perangkat Desa Dencarik sudah dilaunching untuk menyambut tahun baru 2022. Aplikasi ini antara lain SiMPel, Supernas dan SiMAS.

Nah aplikasi apakah SiMPel, Supernas dan SiMAS itu?

Ditemui oleh redaksi Gatra Dencarik, sang pengembang aplikasi, Made Ngurah Suparta yang saat ini menjabat sebagai Kepala Urusan Keuangan Pemerintah Desa Dencarik, mengatakan bahwa aplikasi ini dibangun untuk membantu rekan-rekan perangkat Desa Dencarik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa terutama pembuatan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban). Selain itu, sebagai upaya nyata sang pengembang aplikasi yang sekaligus sebagai duta integritas 2021 dalam mewujudkan tertib administrasi dan transparansi pengelolaan dana APBDes.

Ditambahkan lagi, aplikasi yang diluncurkan akhir tahun ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari aplikasi serupa yang sudah digunakan sejak tahun 2019, dengan penambahan fitur-fitur baru serta perbaikan terhadap bug-bug yang ditemukan saat penggunaan aplikasi di tahun-tahun sebelumnya. Ok, mari kita mengenal satu- persatu aplikasi karya anak Dencarik ini.

  1. Aplikasi SiMPel

Aplikasi SiMPel, Sistem Manajemen Pelaporan adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen pendukung pertanggungjawaban belanja barang/jasa kegiatan APBDes seperti nota pesanan, berita acara dan lampiran berita acara penerimaan barang/jasa.

Aplikasi ini merupakan versi pembaharuan dari aplikasi SiMLPJ yang sudah digunakan Pemerintah Desa Dencarik sejak tahun 2019. Aplikasi yang dikembangkan oleh Made Ngurah Suparta ini merupakan aplikasi berbasis Microsoft Excel. Kenapa berbasis Microsoft Excel? Dengan berbasis Microsoft Excel, aplikasi lebih cepat dan mudah dikembangkan serta proses instalasi ke PC/laptop tidak akan terkendala karena PC/laptop pasti sudah terinstal Microsoft Office. Selain itu, data yang diolah dalam rentang satu tahun penggunaan aplikasi masih mampu ter-handle secara baik dengan Microsoft Excel. Sementara itu, untuk bisa menggunakan aplikasi SiMPel, Microsoft Office yang diperlukan minimal Microsoft Office 2010.

Dengan simpel atau sederhananya proses pengembangan sampai spesifikasi PC/laptop yang dibutuhkan dalam proses instalasi membuat Aplikasi ini  dijuluki “Si SiMPel yang Powerfull”.

Tutorial penggunaan aplikasi SiMPel bisa mengklik tautan berikut, Si SiMPel yang Powerfull.

  1. Aplikasi Supernas

Serupa dengan aplikasi SiMPel, aplikasi Supernas adalah aplikasi berbasis Microsoft Excel yang digunakan untuk memanajemen perjalanan dinas selama satu tahun.

Dengan adanya manajemen ini diharapkan tata kelola administrasi menjadi lebih rapi. Selain itu, penggunaan anggaran APBDes menjadi lebih terarah termasuk juga penganggaran untuk alokasi perjalanan dinas bisa lebih baik karena histori perjalanan dinas tercatat di sistem yang bisa dijadikan sebagai acuan penganggaran perjalanan dinas tahun selanjutnya.

Aplikasi ini merupakan versi pembaharuan dari aplikasi SiSPPD yang sudah digunakan Pemerintah Desa Dencarik sejak 2019 lalu. Bagaimana tampilan dari aplikasi Supernas, Surat Perintah Perjalanan Dinas, simak video tutorialnya di sini.

  1. Aplikasi SiMAS

SiMAS, aplikasi Sistem Manajemen Surat adalah aplikasi yang digunakan untuk memanajemen surat masuk dan keluar di lingkup Pemerintah Desa Dencarik. Aplikasi ini baru digunakan dari awal tahun 2021 ini. Aplikasi ini serupa dengan dua aplikasi sebelumnya, juga menggunakan Microsoft Excel sebagai basis datanya.

Penggunaan Aplikasi ini di tahun 2022 ini merupakan solusi alternatif dalam mengelola data surat masuk-keluar di Pemerintah Desa Dencarik. Hal ini disebabkan Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng telah mengembangkan aplikasi E-Surat yang peranannya persis seperti SiMAS.

Penggunaan E-Surat yang masih belum maksimal karena E-Surat masih dalam tahap instalasi dan sosialisasi ke seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Buleleng termasuk lingkup pemerintah desa sehingga belum dilaunching secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Sesuai informasi yang didapatkan saat sosialisasi E-Surat yang diikuti oleh salah satu staf Pemerintah Desa Dencarik, dikatakan bahwa E-Surat tidak bisa mendukung pengiriman surat dari instansi non pemerintah. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi SiMAS masih diperlukan walaupun E-Surat sudah dilaunching karena menutup “celah-celah” yang tidak bisa dicover oleh aplikasi E-Surat milik Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng. Klik tautan berikut untuk mengenal SiMAS(novi/opt)

 

 

 

 

Komentar atas Wujudkan Tata Kelola Adminstrasi Yang Baik, Tiga Aplikasi Karya Sendiri Disiapkan Pemdes Dencarik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Administrasi Kependudukan

Dokumen

KUNJUNGAN

Flag Counter

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

Website Pemkab Buleleng

Kabupaten Buleleng

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar