Jelang Galungan, BLT Bulan November Dicairkan

Pemdes Dencarik 12 November 2021 08:58:44 WITA

Salah satu lansia penerima manfaat BLT Desa bulan November 2021. Pencairan BLT Desa sengaja dilaksanakan berdekatan dengan hari raya Galungan supaya KPM bisa memanfaatkan dana BLT ini mengurangi beban ekonomi saat persiapan hari raya.

 

 

Gatra Dencarik. Berlokasi di Gedung BUMDesa Bina Usaha Mandiri pada Jumat lalu, (5/11), Pemerintah Desa Dencarik telah menuntaskan penyaluran BLT Desa bulan November kepada 136 KPM. Kegiatan penyaluran ini sengaja dilaksanakan berdekatan dengan hari raya Galungan supaya KPM bisa memanfaatkan dana BLT ini mengurangi beban ekonomi saat persiapan hari raya.

Penyaluran BLT Desa ini sepertia bulan sebelumnya, para KPM diwajibkan membawa sekantong sampah plastik yang dihasilkan di rumah. Sampah plastic ini kemudian akan diserahkan kepada unit pengelola sampah. Tujuan Pemerintah Desa Dencarik mewajibkan KPM membawa sampah plastik rumah tangga untuk mengantisipasi sampah plastik tersebut dibuang secara sembarang.

Pada penyaluran bulan November ini telah tersalur dana sejumlah 40,8 juta Rupiah dimana dana tersebut merupakan pengalokasian dari dana desa. Dalam interval tahun anggaran 2021 ini Pemerintah Desa Dencarik telah menyalurkan BLT Desa sejumlah 448,8 juta Rupiah dan masih tersisa alokasi BLT Desa sebanyak 40,8 juta Rupiah. Sisa tersebut merupakan alokasi BLT Desa untuk bulan Desember.

Jika dikalkulasi sejak diwajibkannya BLT Desa sekitar awal tahun 2020 sampai bulan November ini, Pemerintah Desa Dencarik telah mengucurkan dana dari APBDesa sebanyak 937,5 juta Rupiah. Dengan jumlah dana yang cukup besar ini diharapkan bisa membantu meringankan dampak ekonomi dari pandemic Covid-19 kepada masyarakat Desa Dencarik yang rentan. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat melalui PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). (ngr/adm)

Komentar atas Jelang Galungan, BLT Bulan November Dicairkan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar