E-Surat dari Kominfosanti Buleleng Rangkul Seluruh Desa Se-Banjar

Pemdes Dencarik 18 Oktober 2021 14:16:33 WITA

Suasana bimtek E-Surat kedua pada Selasa lalu, (12/10), di Kantor Camat Banjar yang dihadiri seluruh operator E-Surat se-Kecamatan Banjar.

 

 

Gatra Dencarik. E-Surat adalah program aplikasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfosanti dimana program ini memiliki tujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan surat menyurat di lingkup pemerintah daerah dan desa se-Kabupaten Buleleng, baik itu surat keluar maupun surat masuk .

Pelatihan aplikasi E-Surat dilaksanakan dalam waktu dua kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama dilaksanakan di ruang rapat Kantor Camat Banjar dengan menghadirkan opertor E-Surat se-Kecamatan Banjar dimana desa-desa di Kecamatan Banjar berjumlah 17 desa. Mengingat masih dalam kondisi PPKM, maka pertemuan ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 diikuti oleh 9 desa dan sesi kedua diikuti oleh 8 desa.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kabid Persandian dan Statistik, Nyoman Suyasa,S.E, M. AP. didampingi Kasi Operasional dan Pengamanan Persandian, Komang Ery Marta Pariata, ST serta pendampingan dari bapak Sekcam Banjar. Pelatihan yang diberikan pada sesi 1 berupa pengenalan aplikasi kepada operator E-Surat, pembuatan user untuk operator E-Surat dan tata cara pembuatan user untuk masing-masing aparat didesa. Selain itu pihak narasumber juga memberikan sedikit arahan tata cara pemakaian aplikasi tersebut.

Pertemuan ke-2 yang diselenggarakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 dengan lokasi yang sama yaitu ruang rapat Kantor Camat Banjar. Pertemuan kali ini dihadiri oleh 17 operator E-Surat langsung tanpa ada pembagian sesi serta dengan Narasumber yang sama.

Pertemuan kali ini narasumber mengingatkan kembali tata cara pemakaian aplikasi E-Surat kepada semua operator E-Surat. Selain itu narasumber juga mengajak operator untuk mempraktekkan langsung cara pemakaian aplikasi dimana diawali dengan operator E-Surat dari kecamatan yang mengirim surat kemasing-masing desa, yang nantinya surat tersebut akan diterima oleh operator E-Surat di desa. Kemudian operator E-Surat di desa meneruskan surat tersebut kepada sekretaris desa. Untuk memastikan surat tersampaikan pada sekretaris desa, operator E-Surat disarankan masuk ke akun user sekretaris desa dan mengecek apakah surat sudah diterima oleh sekdes.

Setelah semua tercoba pihak narasumber memberitahu bahwa jika semua operator E-Surat di desa sudah siap dengan aplikasi ini baik dari segi cara pemakaian, sarana pemakaian dan lain-lain maka aplikasi ini rencana akan ditetapkan dan bisa dipakai pada akhir bulan Oktober ini.

Selain itu, untuk memastikan keaktifan operator E-Surat dalam membuka aplikasi, Sekcam Banjar, Putu Widiawan,S.Sos dan semua operator membuat kesepakatan pemakaian aplikasi dimulai dari tanggal 13 Oktober 2021 untuk ruang lingkup kecamatan saja. (rita/ktr)

Komentar atas E-Surat dari Kominfosanti Buleleng Rangkul Seluruh Desa Se-Banjar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KUNJUNGAN

Flag Counter

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

Website Pemkab Buleleng

Kabupaten Buleleng

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar