BLT DD Juni Tersalur Tuntas

Pemdes Dencarik 21 Juni 2021 14:06:50 WITA

Perbekel Dencarik, Putu Budiasa menyerahkan BLT DD bulan Juni pada 17 Juni 2021 lalu di gedung BUMDesa Bina Usaha Mandiri kepada salah satu lansia KPM BLT DD.

 

Gatra Dencarik. Bertempat di Gedung BUMDesa Bina Usaha Mandiri, sebanyak 136 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) menerima bantuan langsung tunai (BLT Dana Desa) pada 17 Juni lalu.

Penyaluran bantuan ini merupakan periode bulan Juni. Seperti penyaluran bulan sebelumnya, para KPM juga diharapkan membawa sampah plastic yang dihasilkan dari sampah rumah tangga.

Penyaluran bantuan kepada masyarakat ini selesai sekitar pukul 13.00 wita molor 15 menit dari target pukul 12.45 wita.

Namun, tiga hari sebelum penyaluran ini, telah disepakati oleh peserta musyawarah desa khusus terbatas yang diselenggarakan oleh BPD Desa Dencarik bahwa dilakukan validasi data KPM BLT DD bulan Juni 2021. Validasi ini dilakukan sebagai upaya untuk memperbaharui data penerima agar lebih valid sehingga bantuan bisa diterima dan dimanfaatkan secara maksimal oleh KPM.

Adapun alasan khusus dilaksanakannya validasi ini karena adanya penerima yang meninggal dunia serta pindah tempat tinggal. Ni Made Sari salah satu KPM BLT DD dari Banjar Dinas Lebah telah meninggal dunia sehingga KPM tersebut diganti. Berdasarkan hasil musyawarah dengan mempertimbangkan hasil pendataan yang dilakukan relawan desa pada tahun 2020 lalu, KPM penggantinya adalah Ketut Sudira. Ditambah lagi, Ketut Sudira merupakan lansia yang mempunyai riwayat sakit kronis. Yang bersangkutan juga sebelumnya sempat terpapar Covid-19.

Untuk KPM lainya atas nama Ida Ayu Ketut Tanggal dari Banjar Dinas Bajangan, berdasarkan hasil musyawarah beliau diganti dengan alasan pindah tempat tinggal di Denpasar. Beliau diganti oleh Nengah Asih yang juga dari Banjar Dinas Bajangan. Penggantian penerima ini juga mempertimbangkan hasil pendataan tahun 2020.

Setelah ditelaah secara bersama-sama, KPM penggantinya diputuskan diambil dari data penerima BST kabupaten. Pertimbangan yang digunakan BST kabupaten hanya disalurkan sebanyak 3 kali, atau tepatnya periode April-Juni 2020. KPM pengganti atas nama Nengah Asih adalah lansia yang ber-KK mandiri dan juga mempunyai riwayat sakit. Atas pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka para peserta musywarah terbatas ini sepakat menunjuk Nengah Asih sebagai KPM BLT DD mulai periode Juni 2021.

Bantuan langsung tunai atau sering disebut BLT DD untuk periode bulan Juni 2021 telah tersalur kepada semua penerima. Laporan penyaluran sudah diserahkan kepada Bupati Buleleng melalui Dinas PMD Kabupaten Buleleng yang ditembuskan kepada Inspektorat, BPKPD Kabupaten Buleleng serta Camat Banjar dan Ketua BPD Desa Dencarik. (ngr/adm)

Komentar atas BLT DD Juni Tersalur Tuntas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar