Posyandu Balita Pada Masa Pandemi

Pemdes Dencarik 08 April 2021 14:44:55 WITA

Suasana posyandu balita Cempaka Banjar Dinas Lebah Rabu kemarin, (07/04). Dan tampak seorang balita sedang melakukan penimbangan berat badan di atas timbangan digital milik Pemerintah Desa Dencarik.

 

 

Gatra Dencarik. Kegiatan Posyandu Balita merupakan jenis pelayanan kepada anak usia nol bulan sampai dengan lima tahun berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak.

Manfaat posyandu balita tidak lain untuk memberikan imunisasi, gizi dan pelayanan kesehatan untuk anak. Posyandu balita dilaksanakan secara rutin setiap bulan di masing-masing balai banjar Desa Dencarik, Kecamatan Banjar. Kegiatan posyandu selain dihadiri oleh para kader posyandu, bidan desa serta kader KPM, didampingi juga oleh Kasi Kesra, Putu Juni Asrini serta kelian banjar dinas masing-masing.

Penimbangan balita dilakukan rutin setiap bulan di posyandu masing-masing banjar dinas untuk memantau pertumbuhan balita. Hasil dari penimbangan kemudian dicatat di dalam KMS Balita, sehingga dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. Setelah balita mendapatkan pelayanan kesehatan kader dan bidan desa, Upik Handayani, balita akan diberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau, buah-buahan dan vitamin.

KMS merupakan Kartu Menuju Sehat yang digunakan untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat grafik perkembangan berat badan anak dari bulan ke bulan.

Pelaksanaan posyandu balita pada kondisi pandemi seperti sekarang ini, tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak. Para kader posyandu diwajibkan menggunakan masker, face shield serta sarung tangan. Sementara bidan desa, Upik Handayani, sesuai standar medis, menggunakan APD lengkap. Hand sanitizer juga disiapkan, yang bisa digunakan oleh siapa pun yang hadir di posyandu. Dengan standar seperti ini diharapkan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi kader, bidan desa, balita serta pendampingnya saat hadir di posyandu.

Semoga dengan adanya kegiatan posyandu balita ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mengetahui perkembangan balita guna membangun generasi penerus yang sehat. (novi/opt)

Komentar atas Posyandu Balita Pada Masa Pandemi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar