Status Pura Ambara Geni Akhirnya Terjawab

Pemdes Dencarik 04 November 2020 08:34:04 WITA

Perbekel Dencarik, Putu Budiasa tampak hadir bersama tokoh masyarakat Desa Dencarik dalam rapat koordinasi membahas tentang Pura Ambara Geni yang berlokasi di Desa Dencarik 2 Nopember lalu di ruang rapat Kantor Camat Banjar.

 

Gatra Dencarik. Camat Banjar mengundang Perbekel Dencarik dan tokoh masyarakat lainnya melalui surat nomor: 005/557/X/2020 dalam rangka rapat kordinasi pengempon (pengurus) Pura Taksu Ambara Geni, 2 Nopember lalu. Status Pura Ambara Geni akhirnya terjawab melalui rapat yang dihadiri Muspika Banjar, Ketua PHDI Kecamatan Banjar, Kelian Desa Dencarik, Perbekel  Dencarik, Kordinator Desa Negak, para pengempon dan Jro Mangku Ketut Dalem.

Rapat yang dipimpin langsung oleh I Gede Arya Suardana,AP. MM selaku Camat Banjar menyampaikan mengenai “Pura Taksu Ambara Geni’. Status Pura Taksu Ambara Geni menjadi asset Pemerintah Kabupaten Buleleng dan dikelola oleh Kecamatan Banjar merupakan salah satu hasil keputusan bersama pada rapat ini.

Selain itu, diputuskan juga pengempon lama sudah dinonaktifkan dan diganti oleh pengempon baru yang mana dalam pengempon baru ini dipakai jabatan bukan nama perorangan.

Susunan pengempon yang sudah terpilih sesuai dengan hasil kesepakatan rapat bersama meliputi;

  1. Pelindung: Muspika (Camat, Kapolsek, Danramil),
  2. Penasehat: PHDI Kecamatan, Majelis Desa Adat Kecamatan, Perbekel Dencarik
  3. Kelian Pengempon; Sekcam dan Kelian Desa Adat Dencarik,
  4. Sekretaris; Kasi Sosbud Kecamatan Banjar dan Penyarikan Kelian Desa Adat Dencarik dan
  5. Bendahara; Bendahara Kecamatan dan Bendahara Desa Adat Dencarik.

 

Pembiayaan piodalan Pura Taksu Ambara Geni pada tahun 2021 belum bisa dihandle oleh pihak Kecamatan Banjar karena anggaran tahun 2021 sudah disahkan. Tetapi, Ibu Jro Mangku Ketut Dalem selaku pemangku (Petapakan Pura Ambara Geni) sudah berjanji bahwa selama beliau masih hidup akan menghaturkan banten setiap piodalan di Pura Taksu Ambara Geni. Pada tahun 2022 dan tahun-tahun selanjutnya, piodalan atau pujawali yang jatuh setiap rahina Manis Anggar Kasih Perangbakat akan dibiayai oleh pihak Kecamatan Banjar. (Mekel-Hendra/ktr)

Komentar atas Status Pura Ambara Geni Akhirnya Terjawab

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar