BLT Desa: Antara Program PEN, JPS, Pendapatan BUMDesa dan Penyelamatan Lingkungan

Pemdes Dencarik 03 Desember 2021 12:57:03 WITA

Grafis progres penyaluran BLT Desa tahun 2021.

 

 

Gatra Dencarik. Kemarin, (2/12), sudah terealisasikan secara penuh dan tuntas BLT Desa bulan Desember  2021 kepada seluruh KPM.

Penyaluran bulan ini, sama seperti periode bulan sebelumnya, pelaksanaanya dilakukan di Gedung BUMDesa Bina Usaha Mandiri Desa Dencarik. Penyaluran bulan ini berjalan lancar dimana para KPM juga tetap membawa sampah plastic rumah tangga saat pengambilan BLT Desa.

Dengan tersalurnya BLT Desa bulan Desember ini berarti genap satu tahun penyaluran BLT Desa tahun anggaran 2021. Selama 12 kali penyaluran di tahun ini, total dana BLT yang telah disalurkan sejumlah 489,6 juta Rupiah.

Sebagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), BLT Desa khususnya di Desa Dencarik berhasil memutar perekonomian desa sekaligus sebagai jaring pengaman sosial (JPS) kepada KPM yang secara ekonomi rentan terhadap dampak pandemic Covid-19.

 

Sesuai intruksi Perbekel Dencarik, Putu Budiasa, penyaluran BLT ini dipastikan tidak melewati jadwal yang ditetapkan KPPN Singaraja sebagai perpanjangan tangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Jika berdekatan dengan hari raya, penyaluran BLT Desa juga diusahakan sebelum hari raya sehingga bisa meringankan beban ekonomi persiapan hari raya.

Agar para KPM menggunakan dana yang diperoleh untuk prioritas memenuhi kebutuhan pokok, hasil koordinasi bersama Pemerintah Desa Dencarik dan BPD, penyaluran dilaksanakan di BUMDesa supaya para KPM lebih mudah untuk melakukan pembelanjaan kebutuhan pokok. Upaya ini juga berdampak kenaikan pendapatan unit perdagangan BUMDesa Bina Usaha Mandiri Desa Dencarik. Walaupun demikian, Pemerintah Desa Dencarik tidak memaksakan melakukan pembelanjaan di BUMDesa, namun tetap menghimbau agar dana digunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pokok. (adm/ngr)

 

Komentar atas BLT Desa: Antara Program PEN, JPS, Pendapatan BUMDesa dan Penyelamatan Lingkungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar