Bakti Sosial Genta Satya Loka

Pemdes Dencarik 16 Agustus 2021 13:13:05 WITA

Wujud kepedulian Karang Taruna Genta Satya Loka Desa Dencarik kepada masyarakat Dencarik dengan melaksanakan bakti sosial. Bakti sosial ini juga sebagai wujud perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 RI.

 

 

Gatra Dencarik. Pada hari Minggu lalu, (08/08), Karang Taruna Genta Satya Loka Desa Dencarik melakukan bakti sosial memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut.

  1. Pembagian Masker

Acara diawali pada pagi hari tepatnya pukul 07.00 s.d 08.30 Wita, dengan membagikan masker gratis kepada para pedagang yang ada di Tenten/Pasar Desa Dencarik, pengunjung pasar, dan sekitarnya. Adapun tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk mencegah peningkatan penyebaran virus covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker jika bepergian atau keluar rumah.

  1. Penyaluran Bantuan Sembako

Dilanjutkan pada siang hari tepatnya pukul 10.00 s.d 12.30 Wita, organisasi sosial yaitu Buleleng Social Community menyumbangkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat Desa Dencarik yang membutuhkan. Atas kerjasama ini, kemudian Karang Taruna Genta Satya Loka desa Dencarik menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat sasaran.  

  1. Pembagian Pangan (Nasi Gratis)

Acara terakhir adalah membagikan pangan berupa 200 bungkus nasi gratis kepada masyarakat Desa Dencarik yang membutuhkan. Harapan bersama semoga kecil dan sedikitnya aksi yang kami lakukan bisa memberi banyak senyuman kepada masyarakat sasaran tersebut.   

Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, menjadi pemantik semangat gotong royong untuk membantu sesama. Bila dilihat jauh dalam sejarah lahirnya Pancasila, Bung Karno  berpidato bahwa Pancasila dapat diperas menjadi Trisila dan Trisila dapat diperas menjadi Ekasila yaitu gotong royong.

Pandemi yang dirasakan secara global memberikan dampak yang sangat buruk bagi banyak aspek kehidupan manusia. Khususnya di dalam negeri, ini semacam bentuk penjajahan namun bedanya penjajahan secara bio teknologi menyasar kepada pesakitan masyarakat. Virus yang tersebar menyebabkan semua orang tidak bisa beraktivitas secara leluasa yang berdampak pada terganggunya fungsi sosial ekonomi di masyarakat.

Di samping itu juga yang sangat bermasalah adalah dari segi pendidikan yang berdampak pada pengetahuan tidak maksimal yang diterima oleh peserta didik.

Karang Taruna Genta Satya Loka sebagai organisasi pemuda di Desa Dencarik tergugah untuk melakukan aksi kemanusiaan tersebut. Terinspirasi dari sejarah bahwa Indonesia merdeka karena semangat gotong royong rakyat Indonesia melawan penjajah, maka semangat gotong royong itu pula kami tunjukkan pada masa pandemi untuk bisa berbagi bersama. Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia menjadi pemantik semangat persatuan dan kesatuan melawan penjajahan baru, covid-19. (teguh/ktr)

Komentar atas Bakti Sosial Genta Satya Loka

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar