Secara Swadaya, Dua Lokasi Diperbaiki

Pemdes Dencarik 12 April 2021 13:46:00 WITA

Atas inisiatif, Perbekel Putu Budiasa perbaikan jembatan penghubung BD Corot-Bajangan dilakukan secara swadaya mengingat perbaikan oleh pemerintah kabupaten belum mendapatkan respon. Tampak Perbekel Dencarik ikut secara langsung melakukan perbaikan ini. Babinsa Dencarik, Serka Ketut Adnyana ikut bergotong royong bersama perangkat desa Dencarik, Sabtu lalu, (10/04).

 

 

Gatra Dencarik. Jembatan kecil penghubung BD Corot dan Bajangan mengalami kerusakan. Kerusakan ini kemungkinan karena over beban yang melintas di atas jembatan ini. Berdasarkan informasi warga sekitar, mobil truk dan engkel yang membawa beban berlebihan sering melewati jembatan ini.

Kerusakan ini sangat mengganggu mobilitas kendaraan. Syukurnya, kerusakan berada di pinggir sehingga masih bisa dilalui kendaraan bermotor.

Walaupun demikian, Putu Budiasa selaku Perbekel Dencarik tidak tinggal diam. Apalagi beliau sangat paham jalur ini merupakan akses utama masyarakat. Atas inisiatif beliau serta didukung Kadus Bajangan, Komang Agus Rupawan berusaha menggalang sumbangan dana untuk memperbaiki jembatan ini.

Sekedar diketahui, akses utama penghubung BD Corot-Bajangan ini merupakan wewenang pemerintah kabupaten. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Dencarik tidak bisa mengalokasikan anggaran untuk melakukan perbaikan, walaupun secara fakta di lapangan, selain jembatan, aspalnya sudah rusak parah sejak beberapa tahun lalu.

Pemerintah Desa Dencarik sudah beberapa kali mengajukan usulan perbaikan melalui musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan (musrenbangcam). Sayangnya, sampai saat ini belum mendapatkan respon dari pemerintah kabupaten.

Penggalangan sumbangan dari masyarakat dan beberapa pihak, berhasil mengumpulkan dana sejumlah 1,5 juta Rupiah.

Sabtu pagi, (10/04), bersama para Kadus dan perangkat desa lainnya, secara swadaya melakukan perbaikan jembatan ini. Perbekel Dencarik, Putu Budiasa turun langsung membantu perbaikan jembatan ini. Serka Ketut Adnyana selaku Babinsa yang bertugas di Desa Dencarik juga ikut bergotong royong. Selama empat jam, dari pukul 7.00 wita, perbaikan jembatan akses penghubung BD Corot-Bajangan pun selesai diperbaiki.

Sore harinya, gotong royong kembali dilanjutkan. Kali ini perbaikan menyasar jalan lingkar BD Baingin. Jalan ini juga mengalami kerusakan.

Perbaikan jalan ini sudah sempat dialokasikan ke APBDesa karena merupakan jalan desa, namun karena pandemi Covid-19, anggaran terpaksa digeser untuk penanganan pandemi sesuai dengan intruksi Kementrian Desa, Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Keuangan.

Perbaikan yang dilakukan Sabtu sore ini, dilakukan secara swadaya mengingat perbaikan ini belum masuk diperencanaan tahun 2021. Karena sumbangan yang terkumpul terbatas, perbaikan untuk sementara diprioritaskan pada area jalan yang mengalami kerusakan parah. Kegiatan pemesean yang dimotori Kadus Baingin, Made Mas Ariada dibantu para Kadus lainnya serta masyarakat sekitar. Putu Budiasa dan Babinsa, Serka Ketut Adnyana kembali ikut membantu perbaikan di BD Baingin ini.

Dari sumbangan masyarakat yang terkumpul, dari donatur ditambah sisa sumbangan perbaikan jembatan BD Corot-Bajangan, ternyata hanya cukup betonisasi jalan sepanjang kurang lebih 15 meter saja. Walaupun hanya bisa memperbaiki jalan sepanjang 15 meter, namun kualitas campuran bahan yang bagus serta dengan ketebalan 8 cm diharapkan hasil perbaikan jalan ini bisa bertahan lama.

Pada kesempatan ini, Putu Budiasa, Perbekel Dencarik, saat ditemui di ruang kerjanya, sangat berterima kasih kepada masyarakat serta semua pihak yang telah secara sukarela menyumbang dan mendukung kegiatan perbaikan ini. Juga kepada para perangkat desa terutama para kadus yang begitu sigap merespon keluhan masyarakat serta mencarikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat, seperti perbaikan jembatan dan jalan ini.

Beliau juga berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu sehingga perbaikan jalan desa yang menjadi wewenang Pemerintah Desa Dencarik bisa dialokasikan kembali di APBDesa. “Jika pandemi ini bisa berakhir tahun 2021, maka dipastikan perbaikan jalan desa akan menjadi prioritas penggunaan dana desa tahun depan,” tambah Perbekel Dencarik, Putu Budiasa menutup sesi wawancara dengan tim Gatra Dencarik. (ngr/adm)

Komentar atas Secara Swadaya, Dua Lokasi Diperbaiki

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar