Si Ulat Maggot Dari Dencarik Mendapat Jempol

Pemdes Dencarik 13 Oktober 2020 14:25:43 WITA

Tim penilai Lomba Kreasi Inovasi Kabupaten Buleleng tahun 2020 tampak sedang melihat larva Maggot BSF yang dikembangkan oleh Perbekel Dencarik, Putu Budiasa. Inovasi Perbekel Putu Budiasa memanfaatkan Maggot BSF dalam mengatasi sampah organik rumah tangga diikutsertakan dalam Lomba Kreasi Inovasi Kabupaten Buleleng tahun 2020 serta masuk nominasi lima besar. Hasil budidaya ini selain menjadi salah satu solusi dalam mengatasi sampah rumah tangga, juga mendatangkan keuntungan ekonomi berupa pakan ternak hayati yang kaya akan protein.

 

Gatra Dencarik. Budidaya Maggot BSF sebuah upaya untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga di wilayah Desa Dencarik. Langkah yang dimulai dari hal sederhana dalam mengatasi sampah ternyata membuka peluang usaha peternakan.

Dari budidaya maggot ini menghasilkan pakan ternak yang berkualitas karena kandungan protein yang tinggi pada maggot tersebut. Pakan maggot ini selain menekan biaya pakan, juga membuat pertumbuhan ternak semakin cepat.

Langkah sederhana Perbekel Putu Budiasa bersama kelompok ternak Amerta Luwih ini mendapatkan apresiasi dari Pemkab Buleleng melalui Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng.

Pemanfaatan maggot langkah untuk mengatasi sampah ini diikutsertakan dalam Lomba Kreasi Inovasi Kabupaten Buleleng tahun 2020.

Hari ini (13/10), tim penilai turun langsung ke lokasi melakukan penilaian kepada 5 nominator terbaik Lomba Kreasi Inovasi Kabupaten Buleleng tahun 2020 ini, termasuk inovasi Perbekel Putu Budiasa ini.

Semoga usaha Perbekel Dencarik, Putu Budiasa ini bisa mendapatkan hasil maksimal. Namun yang paling penting menurut Perbekel Putu Budiasa adalah masyarakat mengikuti langkahnya dan bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan budidaya Maggot BSF ini, terutama manfaat ekonominya.

Silahkan tonton video profil budidaya Maggot BSF oleh Perbekel Putu Budiasa bersama kelompok ternak Amerta Luwih pada link ini: https://www.youtube.com/watch?v=rSZQU3gyU0k. (ngr/adm)

Komentar atas Si Ulat Maggot Dari Dencarik Mendapat Jempol

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar