Comdev Siap Gali Potensi Dencarik

Pemdes Dencarik 24 Agustus 2020 10:10:39 WITA

Diskusi memantapkan rencana kerja Dencarik Community Development (Comdev) yang telah dikukuhkan 9 Agustus lalu. Tampak para pengurus Comdev, Putu Budiasa, Perbekel Dencarik, Ibu Lili Zemke (memakai jilbab), Ketum Comdev sekaligus penggagas organisasi non profit ini sedang berdiskusi dari pemantapan rencana kerja sampai penggalian ide untuk slogan dan logo. Acara ini juga mengundang wartawan dari MNC grup (baju putih).

 

 

Gatra Dencarik. Mengikuti panggilan hati, menggerakkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, mendorong Ibu Lili Zemke untuk mempelopori terbentuknya organisasi sosial yang bergerak membangun desa terutama di bidang lingkungan dan sosial budaya.

Tanggal 9 Agustus lalu, berlokasi di Villa Firdaus, Desa Dencarik telah dikukuhkan organisasi Dencarik Community Development (Comdev). Dencarik Community Development adalah organisasi sosial non-profit yang bergerak ke arah kegiatan pengembangan sosial dan budaya bagi warga Desa Dencarik. Kegiatan-kegiatan sosial dan budaya tersebut direalisasikan dalam penyelenggaraan acara (event), baik Event Nasional ataupun Event Keagamaan, yang merangkul semua warga untuk berpartisipasi dalam event tersebut. Organisasi Sosial Dencarik Community Development ini merupakan organisasi indpenden yang terlepas dari program Pemerintahan Desa Dencarik.

Dencarik Community Development berbasis pada 3 hal utama berikut.

  1. Menciptakan harmonisasi lingkungan sekitar warga untuk saling mengenal dan meningkatkan jiwa sosial ke arah lebih baik
  2. Menghimpun dana dalam rangka kegiatan sosial sebagai bentuk kontribusi nyata warga Desa Dencarik kepada masyarakat sekitar pada khususnya dan masyarakat global pada umumnya.
  3. Dencarik Community Development bertujuan mensupport/membantu, mendampingi dan sebagai konsultan dalam kegiatan sosial organisasi yang ada di desa seperti Karang Taruna, PKK, dan lainnya.

 

Susunan Kepengurusan/koordinator pada awal terbentuknya Dencarik Community Development adalah sebagai berikut :

Penasehat           : Putu Budiasa (Perbekel)

Ketua Umum       : Lili Zemke

Ketua                   : Komang Agus Rupawan

Wakil Ketua         : Komang Endy Suastika

Sekretaris I          : Made Lanang Pastima

Sekretaris II         : Putu Dibia Atmaja

Bendahara I         : Made Ngurah Suparta

Bendahara II        : Luh Dewi Kartika Maya Sari

Seksi Program      :  

  1. Luh Kertawati
  2. Ketut Mangku Sugiarta
  3. I Gede Arya Utama
  4. Putu Mira Andreani

 

Organisasi ini terbentuk melalui serangkaian diskusi dan musyawarah untuk menggali potensi-potensi Desa Dencarik baik alam maupun sosial budaya untuk diangkat dan dikembangkan sehingga menjadi keunggulan desa yang bisa memberikan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat Desa Dencarik pada khususnya.

Ibu Lili Zemke sebagai penggagas dari Comdev ini ingin mengangkat masalah sampah plastik yang tetap menjadi masalah yang cukup pelik untuk dicarikan solusi melalui Comdev. Beliau mempunyai ide mengkonversi sampah plastik menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomis serta tidak merusak lingkungan, seperti bahan bakar.

Beliau sadar untuk mengkonversi sampah plastik menjadi bahan bakar memerlukan dana cukup besar, maka dari itu beliau melalui Comdev ini akan mencari dukungan sumber dana dari relasi-relasinya yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Lalu siapakah Ibu Lili Zemke? Beliau merupakan warga Desa Dencarik yang menetap di Villa Zemke, Banjar Dinas Bajangan. Beliau tercatat menjadi warga Desa Dencarik sejak 23 April 2019. Walaupun termasuk warga baru, namun semangat membantu membangun Desa Dencarik cukup besar. Tidak mengherankan, karena sewaktu di Qatar beliau aktif pada organisasi Alkhor Community Indonesia. Sedangkan saat di Jakarta, Ibu Lili Zemke sudah sukses mendirikan organisasi yang fokus kegiatannya sejalan dengan Comdev yang digagas di Desa Dencarik ini. Beberapa event berskala besar berhasil dilaksanakan oleh organisasi yang beliau bentuk saat di Jakarta.

Karena semangat kepeduliannya terhadap Desa Dencarik sehingga beliau merangkul masyarakat Dencarik untuk membangun Desa Dencarik dengan mengembangkan potensi yang ada. Semangat inilah yang tercermin pada slogan Comdev, "Grow Together". Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, " Tumbuh Berkembang Bersama".

Pada 22 Agustus lalu, rapat koordinasi antar pengurus Comdev kembali dilaksanakan untuk memantapkan rencana kerja Comdev ke depannya, termasuk menggali gagasan untuk melahirkan logo dan slogan dari Dencarik Community Development. (ngurah/adm)

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

CETAK LSO

LAYANAN PENGADUAN

Website Pemkab Buleleng

Kabupaten Buleleng

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar