Memberdayakan PKK Lewat Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Pemdes Dencarik 12 Desember 2019 08:45:02 WITA

Ibu PKK peserta pelatihan budidaya jamur tiram sedang praktikal membuat baglog, tempat berkembangbiaknya bibit jamur, dibimbing oleh instruktur, Gede Harta Sugama.

 

Gatra Dencarik.  Hari Jumat lalu, (6/12), dihadiri 20 peserta dari PKK Desa Dencarik dibuka pelatihan budidaya jamur oleh Perbekel Dencarik, Putu Budiasa. Pembukaan pelatihan juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Desa Dencarik, Luh Kertawati serta Ketua LPM, Putu Sweca beserta anggota.

Pelatih atau instruktur yang memberikan pelatihan budidaya jamur tiram kepada peserta merupakan praktisi budidaya jamur, Gede Harta Sugama. Instruktur merupakan wirausahawan yang berasal dari Desa Banjar yang telah mengembangkan budidaya jamur dimana telah mencapai pangsa pasar beberapa kabupaten di Bali, seperti Jembarana dan Tabanan.

Pelatihan yang digagas oleh Pemdes Dencarik melalui pendanaan APBDes tahun 2019 ini berfokus pada pembudidayaan jamur tiram. Pelatihan budidaya jamur tiram merupakan pelatihan yang dirancang agar para peserta bisa belajar sekaligus praktek budidaya jamur tiram secara bertahap sehingga peserta bisa membudidayakan jamur tiram dengan baik dan benar.

Pelatihan ini direncanakan berlangsung selama lima hari kedepan dan dipandu langsung oleh narasumber yang sudah berkompeten dalam usaha budidaya jamur tiram. Tujuan dilaksanakannnya pelatihan ini tidak lain agar para peserta nantinya dapat memahami dan menguasai teknik budidaya jamur tiram, mulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jamur tiram, melihat dan memperaktekkan langsung tata cara pembuatan media tanam mulai dari pembibitan, perawatan dan penanganan pasca panen.

Selain itu, peserta diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik ilmu yang didapat dari pelatihan ini sehingga tidak akan menutup kemungkinan menjadi peluang dalam membuka usaha budidaya jamur. (Novi/opt)

Komentar atas Memberdayakan PKK Lewat Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar