Anggaran Naik 38,8%, Langkah Nyata Pemdes Dencarik Peduli Kesehatan Masyarakat

Pemdes Dencarik 21 Mei 2019 14:51:52 WITA

Suasana senam ibu hamil di kelas perdana ibu hamil pagi ini. Pagi ini kegiatan diselenggarakan di Bale Banjar Bajangan, Desa Dencarik. Bidan Nengah Yunariasih, petugas dari Puskesmas Banjar I sedang memberikan materi tentang kesehatan ibu hamil. Selanjutnya para peserta mengikuti senam ibu hamil. Para ibu hamil tampak sangat serius mendengarkan arahan bidan Puskesmas. 

 

Gatra Dencarik. Tagline Pemerintah Desa Dencarik #bersamakitabisa dalam semangat membangun desa terimplementasikan dalam pengalokasian anggaran pada sektor –sektor yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Dencarik seperti kesehatan dan pendidikan.

Khusus di bidang kesehatan, tahun ini Pemerintah Desa Dencarik mengalokasikan dana sebesar Rp 139.506.400,- terbagi pada kegiatan poskesdes, posyandu balita, posyandu lansia dan kelas ibu hamil. Anggaran bidang kesehatan tahun ini naik sebesar 38,8% dari tahun 2018.

Hari ini, (21/05), berlokasi di Balai Banjar Dinas Bajangan, Desa Dencarik telah dilaksanakan kelas ibu hamil. Kegiatan kelas ibu hamil ini merupakan kelas perdana untuk tahun 2019 ini. Kelas perdana ini diikuti sebanyak sembilan ibu hamil, dimana kegiatan yang berlangsung sejak pagi hari ini dihadiri masing-masing dusun sebanyak dua orang kecuali Dusun Baingin yang dihadiri satu orang. Normalnya kelas ibu hamil per kelasnya diikuti sebanyak sepuluh peserta.

Bersama bidan desa, Upi Handayani, petugas dari Puskesmas Banjar I, Nengah Yunariasih memberikan materi tentang kesehatan ibu hamil. Para ibu hamil yang hadir juga diarahkan supaya memahami resiko kehamilan terutama yang memasuki trimester awal seperti kemungkinan adanya pendarahan, mual atau pusing berlebihan sampai terjadinya pecah air ketuban. Dengan memahami resiko-resiko tersebut, para ibu hamil terutama yang hamil untuk pertama kali lebih siap dan memahami tindakan apa yang harus dilakukan jika berada pada kondisi seperti itu.

Sebagai tambahan ilmu bagi para ibu muda, trimester pertama adalah kehamilan berusia 1-13 minggu, trimester kedua dimulai pada minggu ke-14 dan berakhir di usia kandungan 27 minggu. Sedangkan trimester ketiga dimulai pada 28 minggu sampai kehamilan minggu ke-41 atau melahirkan.

Para peserta kelas ibu hamil ini mendapatkan susu serta asupan buah-buahan yang baik bagi kesehatan janin setelah sebelumnya mengikuti senam ibu hamil.

Kelas ibu hamil ini diselenggarakan 4 kali pertemuan per kelasnya selama satu bulan. Bulan selanjutnya akan dibuka lagi kelas lain dengan peserta ibu-ibu hamil lainnya. (ngr/adm)

Komentar atas Anggaran Naik 38,8%, Langkah Nyata Pemdes Dencarik Peduli Kesehatan Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar