Dana Desa Cair 60%, LPM Motor Penggerak Utama Pembangunan Desa

Pemdes Dencarik 21 Mei 2019 11:20:59 WITA

Suasana kegiatan rabat beton di Tempek Abangan, Subak Taman, BD Corot. Tampak warga sedang melaksanakan perabatan jalan usaha tani sepanjang 468 meter. Jalan ini merupakan jalur untuk distribusi hasil panen anggur maupun hasil panen lainnya. Sebelumnya jalan usaha tani yang berada di wilayah Subak Taman akan sulit dilewati saat musim hujan karena kondisi jalan akan becek sehingga menghambat distribusi panen ataupun bahan-bahan pertanian lain. Selain itu, jalan ini juga menjadi jalan penghubung antar pemukiman di BD Corot, Dencarik. 

 

Gatra Dencarik. Dana Desa tahap II untuk Desa Dencarik sudah cair per tanggal 12 April 2019. Total dana desa yang telah masuk ke rekening kas Desa Dencarik untuk tahap I dan tahap II sejumlah Rp 515.701.800,-. Dengan demikian sampai bulan April 2019, Pemerintah Desa Dencari sudah menerima 60% Dana Desa dari alokasi sebesar Rp 859.503.000,-

Sesuai dengan peraturan pemerintah pusat dana yang bersumber dari APBN ini hanya bisa dimanfaatkan pada bidang pembangunan, pemberdayaan masyarakat serta penyertaan modal untuk bumdes. Pemerintah Desa Dencarik sudah merencanakan penggunaan dana tersebut seperti yang telah dipaparkan saat sosialisasi di lima dusun tanggal 7-11 Mei 2019. Bahkan sampai saat ini, penggunaan dana desa sudah Rp 447.782.500,- dengan rincian Rp 147.782.500,- untuk pembangunan fisik dan non-fisik. Sementara sisanya digunakan untuk penyertaan modal bumdes dimana sumber dananya diambil dari Silpa Dana Desa tahun 2018.

Sampai hari ini (21/05), kegiatan pembangunan fisik sudah menyelesaikan empat lokasi proyek rabat beton jalan usaha tani serta satu proyek masih tahap pengerjaan yaitu di Subak Taman tepatnya tempek Abangan.

Pengerjaan lima kegiatan rabat beton jalan usaha tani sampai saat berjalan lancar sesuai dengan rencana berkat kerjasama yang apik Pemerintah Desa dengan masyarakat sekitar lokasi serta didukung penuh oleh LPM Dencarik yang menjadi motor penggerak utama seluruh kegiatan di lapangan baik pembangunan fisik maupun non-fisik.

Di bawah komando sang ketua, Putu Sweca atau yang akrab disapa Ogik, LPM Dencarik sangat aktif menyukseskan seluruh agenda kegiatan Pemerintah Desa Dencarik. Secara khusus Perbekel Dencarik sangat mengapresiasi kinerja LPM Dencarik ini. “Tanpa peran serta LPM Dencarik, seluruh agenda kegiatan yang tertuang dalam APBDes 2019 akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan di lapangan terutama kegiatan pembangunan rabat betonnya. Karena beban kerja para kasi sebagai kepala pelaksana kegiatan sudah sangat berat, jadi dengan keterlibatan aktif LPM sangat membantu menyukseskan program Pemerintah Desa", tegas Perbekel Dencarik.

Sementara itu, sesuai dengan Rencana Anggara Kas Desa (RAK) tahun 2019 ini, di bulan Mei ini juga akan diadakan kegiatan pemberdayaan, yaitu pelatihan cap prada. Kegiatan ini menyasar generasi muda dengan tujuan dapat menambah life skill generasi muda Desa Dencarik sehingga bisa membuka kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan jiwa entrepreneurnya. (ngr/adm)

Komentar atas Dana Desa Cair 60%, LPM Motor Penggerak Utama Pembangunan Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar