"Sampah Laut " Yang Terbang Lintas Benua

Pemdes Dencarik 30 April 2019 14:42:10 WITA

Gatra Dencarik. Mempunyai bakat di bidang seni merupakan kemampuan yang masih jarang dimiliki kebanyakan orang. Orang yang memiliki bakat seni kerap menghabiskan waktunya untuk membuat sebuah karya seni yang berbeda dari yang lainnya dan sudah tentu memiliki nilai estetik yang mengagumkan.

Di laut banyak limbah kayu yang terombang ambing oleh gelombang laut dan terkadang terdampar ke pantai terbawa ombak. Akibat gerusan air laut, tekstur kayu berubah, membentuk layaknya pahatan-pahatan alami yang memiliki beragam ukuran dan bentuk yang tidak beraturan.

Kebanyakan orang kayu limbah tersebut tidak dapat dimanfaatkan, dianggap hanya sebagai sampah lautan saja.

Oleh tangan dingin salah satu warga Desa Dencarik mengubah sampah laut tersebut menjadi sebuah karya yang indah. Sampah laut yang ditemukan disepanjang pantai Desa Dencarik diolah dengan cipta, rasa dan karsa yang tinggi menjadi sebuah karya seni.

Dengan ketelitian dan ketrampilan yang dimiliki, Putu Sukirta, sang seniman limbah kayu ini telah banyak menghasilkan karya seni.

 

Karya salah satu staf kebersihan Kantor Perbekel Dencarik dan juga sebagai security salah satu vila di Dencarik ini telah merambah beberapa wilayah bahkan lintas benua. Banyak karya seninya ini diminati wisatawan yang kebetulan menginap di vila tempatnya bekerja. Walaupun demikian, promosi karya seni ini masih bersifat individual sehingga masih terbatas jangkauan promosinya.

Karya seni kayu limbah ini juga pernah ditampilkan di Pasraja (Pergelaran Seni Tingkat Kecamatan Banjar) tahun 2018. Melalui promosi tersebut, karya seni ini mulai terpublikasi lebih luas. Terbukti karya seni ini mendapatkan apresiasi khusus dari Pemkab Buleleng melalui Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng.

Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng langsung mengunjungi rumah Bapak Putu Sukirta di BD. Bajangan, Desa Dencarik didampingi Sekretaris Desa Dencarik, Bapak Lanang Pastima, Kamis 25 April yang lalu. Kunjungan ini menurut Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng melalui akun facebooknya bertujuan mencari  calon penerima  Anugrah Silpakara yang akan dilombakan nanti pada HUT Provinsi Bali.

“Dengan adanya perhatian ini, semoga promosi salah satu potensi Desa Dencarik ini bisa menjadi trigger promosi potensi-potensi lain yang dimiliki Desa Dencarik”, harapan Perbekel Dencarik saat diminta tanggapan tentang kunjungan  Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng ke rumah Putu Sukirta yang notabenenya merupakan warga Desa Dencarik. (Novi/opt)

 

Foto: Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng

Komentar atas "Sampah Laut " Yang Terbang Lintas Benua

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar