Sosialisasi Lima Pilar STBM Ciptakan Masyarakat Yang Lebih Sehat

Komang Novantini 21 Maret 2019 14:32:00 WITA

Gatra Dencarik. Bertempat di Kantor Kepala Desa Dencarik, Kec. Banjar, Kab. Buleleng (21/03), telah diselenggarakannya Sosialisasi Kesehatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Acara yang dihadiri lebih kurang 32 orang, yang terdiri dari Perangkat Desa, Kelian Banjar Dinas dan Perwakilan Ketua beserta Pengurus Posyandu Balita dan Lansia dari lima Banjar Dinas di Desa Dencarik.

Narasumber pada sosialisasi ini berasal Puskesmas Banjar I, yang terdiri dari bagian kesling (kesehatan lingkungan), Luh Putu Krisna Dewi dan bagian Promosi kesehatan (promkes), Luh Putu Aryani serta bidan desa, Upik Handayani.

Materi yang disajikan oleh Ibu Luh Putu Krisna Dewi menyangkut masalah sanitasi yang sering ditemukan di masyarakat. Kepedulian akan kesehatan sanitasi di masyarakat masih sangat kurang apalagi untuk masyarakat di daerah pedalaman.

Pada kesempatan ini, disajikan lima pilar dalam penanganan masalah sanitasi, yaitu BABS, CTPS, PAMRT, Pengolahan Sampah Rumah Tangga , Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

BABS adalah kepanjangan dari Buang Air Besar Sembarangan. BABS ini merupakan masalah klasik yang dihadapi dalam sanitasi masyarakat terutama di daerah pedalaman yang masih sangat kurang pemahaman akan kesehatannya.

Pilar selanjutnya adalah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Gerakan ini sudah menjadi perhatian serius dinas kesehatan terbukti gerakan ini sudah dibudidayakan sejak sekolah dasar. Gerakan ini juga terhalang oleh kesadaran masyarakat yang masih kurang.

Pengolahan Air Minum Rumah Tangga (PAMRT) merupakan pilar ketiga dalam menciptakan sanitasi yang bersih. Kabar baiknya, masyarakat sudah paham akan cara mengolah air mentah menjadi lebih higienis sehingga siap minum.

Pengolahan Sampah dan Limbah Cair Rumah Tangga yang merupakan dua pilar terakhir yang disajikan pada sosialisasi pagi ini. Pengolahan sampah dan limbah cair rumah tangga ini merupakan pekerjaan rumah yang perlu perhatiaan khsusus baik pemerintah sebagai stakeholder dan masyarakat sebagai subyek gerakan STBM ini.

Setelah sosialisasi STBM ini akan dilakukan verifikasi ke masyarakat. Hasil dari verifikasi akan dievaluasi dan diolah oleh Puskesmas Banjar I menggunakan aplikasi yang sudah disediakan dinas kesehatan. Hasil tersebut akan menjadikan acuan kualitas kesehatan sanitasi Desa Dencarik.

Ibu Aryani sebagai Narasumber mengajak dan memotivasi para peserta menyebarluaskan gerakan STBM ini. Gerakan STBM yang mendapatkan respon yang baik dari masyarakat akan menghindarkan masyarakat dari penyakit menular yang muncul sebagai akibat sanitasi buruk seperti: Malaria, Demam Berdarah (DB), Kolera/Diare. Selain itu juga menjadikan masyarakat sadar akan hidup yang lebih sehat dan lebih bersih. (opt/novi)

Komentar atas Sosialisasi Lima Pilar STBM Ciptakan Masyarakat Yang Lebih Sehat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Akun Resmi Sosial Media Pemdes Dencarik

Layanan Pengaduan

Kabupaten Buleleng

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Pengunjung Online

Cuaca Hari Ini

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar