Pelatihan Pembuatan POC, Langkah Awal Pertanian Dencarik Yang Ramah Lingkungan

Pemdes Dencarik 19 Desember 2018 10:10:52 WITA

Gatra Dencarik. Pemerintah Desa Dencarik sangat intens mendorong semangat kepedulian terhadap lingkungan. Langkah-langkah nyata untuk mendorong semangat peduli lingkungan masyarakat terus digalakan, dari menjaga kebersihan lingkungan, penanggulangan sampah plastik, penanaman pohon, pengembangan pertanian hydroponik dengan melibatkan semua lapisan masyarakat Dencarik.

Minggu pagi, (16/12), bertempat di halaman belakang Kantor Perbekel Dencarik telah diselenggarakan pelatihan pertanian organik yang menyasar seluruh kelian subak se-Dencarik. Pelatihan yang berlangsung sampai sore difokuskan pada pembuatan pupuk organik dimana bahan-bahannya mudah didapat, seperti daun kelor, labu kuning, air rendaman beras, buah maja dan bahan-bahan alami lainnya. Pembuatan pupuk organik ini dibimbing langsung oleh praktisi pertanian organik dari Badung, I Made Artawa, sehingga pupuk tersebut menjadi pupuk POC yang siap pakai.

Dengan diselenggarakannya pelatihan pembuatan pupuk cair organik ini diharapkan para kelian subak se-Dencarik bisa mendorong penggunaan bahan-bahan organik dalam pengembangan pertanian di Dencarik, baik pertanian anggur, palawija maupun padi. Subak sebagai garda terdepan pertanian menjadikan agen perubahan pola pertanian yang saat ini banyak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya dalam perawatan tanaman menjadi pertanian yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan dasar alami untuk diolah menjadi pupuk maupun pestisida alami. Selain berdampak positif pada lingkungan, penggunaan bahan alami dalam pertanian juga membantu meminimalkan biaya produksi. Biaya produksi yang bisa ditekan akan membantu meningkatkan profit yang diterima para petani. (ngr/adm)

Komentar atas Pelatihan Pembuatan POC, Langkah Awal Pertanian Dencarik Yang Ramah Lingkungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar