Dencarik Dilanda Gempa, Kerusakan dan Korban Nihil

Pemdes Dencarik 11 Oktober 2018 09:23:21 WITA

Gatra Dencarik. Telah terjadi gempa bumi yang dirasakan di wilayah Desa Dencarik sekitar pukul 02.44 wita dini hari tadi, (11/10). Berdasarkan siaran pers BMKG, gempa bumi berkekuatan 6,4 Magnitudo dengan episentrum berada pada koordinat 7,42 ⁰LS dan 114,47 ⁰BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 km arah timur laut Kota Situbondo, Jawa Timur. Gempa bumi yang tidak berpotensi tsunami ini berada pada kedalaman 10 km dari permukaan bumi.

Sampai berita ini disusun, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa di wilayah Desa Dencarik. Namun, gempa yang terjadi di jam istirahat ini sempat membuat panik masyarakat. Bahkan sempat ada seorang tamu yang menginap di salah satu villa di Dencarik yang berjalan kaki dari lokasi villa di pantai Dencarik menuju area yang agak tinggi. Kemungkinan tamu tersebut menghindari dampak terburuk dari gempa bumi tersebut, yaitu gelombang tsunami.

Sebagai tambahan informasi, Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pengamatan dan sumber informasi tentang cuaca/ iklim termasuk gempa bumi sudah menyediakan sarana informasi untuk menyebarluaskan informasi cuaca, gunung berapi termasuk gempa bumi melalui aplikasi Info BMKG. Aplikasi resmi BMKG berbasis android tersebut sudah bisa diunduh melalui Playstore. Informasi sudah disajikan secara realtime sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai acuan pengambilan keputusan termasuk meminimalisir kepanikan warga yang terdampak bencana serta menghindari tersebarnya hoax di masyarakat. Ayo, download aplikasinya sekarang! (ngr/adm)

Komentar atas Dencarik Dilanda Gempa, Kerusakan dan Korban Nihil

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar