"Penggawa Kalpataru" Tema Gelaran Pasraja Ketiga

Pemdes Dencarik 08 Oktober 2018 08:37:12 WITA

Gatra Dencarik. Pagelaran Seni Rakyat Banjar (Pasraja) ketiga tahun 2018 sudah memasuki hari terakhir, beberapa lomba sudah berlangsung diantaranya lomba merangkai janur, lomba penjor hias, koor, baleganjur, lomba busana ke pura dan nyastre Bali. Sedangkan lomba mesatua Bali akan digelar di stage utama Pasraja nanti malam.

Pasraja yang tahun ini mengambil tema “Penggawa Kalpataru” sudah dimulai dari tanggal 4 Oktober 2018 dengan diawali kegiatan jalan santai peduli sampah. Jalan santai yang diikuti pegawai kecamatan Banjar, dinas Nivo Banjar, perangkat Desa Banjar, Dencarik, Banjar Tegeha serta siswa-siswi SMP 1 Banjar dan SMA 2 Banjar. Jalan santai yang dilepas langsung oleh Camat Banjar, Ketut Darmawan, Sm Sp, mengambil rute lapangan Banjar-Banjar Tegeha-lapangan Banjar. Sepanjang rute jalan santai, para peserta diharapkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan memungut sampah plastik yang ditemui.

Pasraja ketiga ini dibuka sekitar jam 19.00 wita oleh Asisten Tiga Setda Buleleng, Drs. I Ketut Asta Semadi, MM mewakili Bupati Buleleng yang berhalangan hadir karena sakit. Dalam sambutan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST yang dibacakan oleh Asisten Tiga Setda Buleleng Drs. I Ketut Asta Semadi, MM mengatakan bahwa kebudayaan dapat mengangkat kita sebagai bangsa yang telah diakui oleh masyarakat dunia, dimana hal ini dibuktikan dari keberadaan kesenian Bali yang bukan hanya ada di daerah Bali saja, melainkan ada di seluruh penjuru dunia seperti sekaa gong Sekar Jaya di Amerika, Sekar Jepun di Jepang, dan Saling Asah di Belgia. Sekaa gong tersebut tidak hanya menampilkan seni saja, melainkan ikut "ngayah" di pura-pura yang ada di sana. Beliau mengajak seluruh masyarakat Buleleng agar terus bersemangat di dalam menjaga dan melestarikan Seni Budaya.

Setelah berlangsung selama kurang lebih lima hari, Pasraja akan ditutup nanti malam. Selama berlangsung, Pasraja 2018 ini merupakan ajang pentas band lokal di kecamatan Banjar. Selain itu, juga dimeriahkan penampilan artis-artis Bali, Mr. Botak, Band Motifora, Raka Sidan, serta Widi Widiana. (ngr/adm)

Komentar atas "Penggawa Kalpataru" Tema Gelaran Pasraja Ketiga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

TK Desa Dencarik

Widya Kumara Sari

Mari Dukung UMKM

Belanja Online di

Website BUMDesa

Bina Usaha Mandiri

LAYANAN PENGADUAN

PENGUNJUNG ONLINE

CUACA HARI INI

Lokasi Dencarik

tampilkan dalam peta lebih besar